Pengertian Load Balancing dan Cara Kerjanya

Posted on

Pengertian, Manfaat dan Cara Kerja Load Balancing

Mungkin istilah ini terdengar asing untuk pemula, namun bagi yang sering berkutat di dunia internet marketing kata ini bukan kata asing lagi hehe. Apa itu load balancing ? kirain kaya mobil aja ada balansing sporing hehe. Load balancing adalah sebuah pembagian beban secara merata atau seimbang. Load balancing pada jaringan komputer merupakan sebuah metode untuk mendistribusikan beban pada 2 atau lebih koneksi jaringan secara seimbang sehingga perkerjaan dapat berjalan lebih optimal sehingga tidak adalah kelebihan beban pada jalur tertentu saja.

Dalam sistem load balancing, proses pembagian beban memiliki teknik dan algoritma tersendiri yang bertujuan untuk menyesuaikan pembagian beban dengan karakteristik dari server-server yang ada dibelakangnya. Perangkat lunak untuk menjalankan sistem load balancing disebut load balancer.

Untuk jaringan komputer, load balancing digunakan di Internet Service Provider (ISP) yang memungkinkan ISP memiliki layanan akses internet selama 24 jam tanpa down.

Manfaat Load Balancing pada Jaringan Komputer

Ada beberapa manfaat load balancing pada jaringan komputer, diantaranya:

  • Menjamin Reliabilitas Layanan

Sebuah kepercayaan terhadap sistem untuk dapat melayani secara terus menerus dengan sebaik-baiknya sehingga memungkinkan pengguna dapat mengerjakan pekerjaanya dengan lancar tanpa ada gangguan kendala akses terhenti

  • Skalabilitas dan ketersediaan

Leave a Reply

Your email address will not be published.