Tips Tethering HP ke Laptop agar tidak Boros Kuota

Posted on

Berbeda dengan Windows Update yang bisa di batasi mekanismenya dengan merubah properti koneksi menjadi metered connection. Aplikasi dan software yang melakukan update tidak dapat dihentikan dengan menggunakan cara tersebut.

Cara untuk menghentikan update software saat tethering koneksi internet dari HP dapat dilakukan dengan menggunakan firewall. Firewall dapat membatasi koneksi internet yang keluar/masuk dari software atau aplikasi.

Masalahnya adalah secara umum pengaturan firewall itu tidak mudah. Apalagi jika kita menggunakan firewall bawaan Windows. Oleh karena itulah, saya mencoba untuk menemukan solusi firewall yang sederhana, mudah digunakan, gratis dan tidak bloated (tidak banyak fitur tambahan, dan embel-embel).

Ada Solulsi Lain Yaitu dengan TinyWall

Ente dapat mendownload TinyWall (silahkan cari di google) ukurannya tidak terlalu besar hanya di bawah 2 Mb saja. Kalau sudah Download TinyWall langsung saja diinstal dan langsung dijalankan saja. Nah caranya baca terus dibawah ini

Konfigurasi TinyWall Anti Boros Kuota Tethering

Klik kanan pada TinyWall di taskbar, kemudian pilih Manage

Nanti akan terlihat daftar software/aplikasi yang sudah umum. Secara default, TinyWall akan mengizinkan akses untuk semua software yang sudah dikenali secara umum dan memblokir semua software yang tidak ada dalam daftar ini.

Tugas sobat selanjutnya adalah mengatur software apa saja yang diizinkan/tidak diizinkan mengakses internet.

Misalnya, sobat akan memblokir akses internet Firefox, maka kita pilih Firefox, kemudian klik Modify.

Awalnya pengaturannya adalah “Unrestricted UDP and TCP traffic”, lalu kita ubah ke “Always block all traffic” dan “Apply rules to all child processes”, dan klik “Apply”. Maka Firefox akan di highlist merah pada list aplikasi, yang menandakan Firefox akan di blokir.

Blok akses internet pada software/aplikasi yang kira-kira akan menguras kuota.

Terakhir, klik kembali Manage pada TinyWall, kemudian klik tab Special Exception. Hilangkan centang pada Store Update dan Windows Update, kemudian Apply. Fungsinya adalah untuk memblokir akses Microsoft Update.

Nah itulah tadi langkah langkah yaaa. Coba ente praktikan yaaa mulai dari awal. Semoga dengan ini pulsa kuoata anda tidal langsung tersedot habis di laptop anda jika saat tethering dari HP.

Oh iya Untuk menonaktifkan firewall, cukup klik kanan pada TinyWall, kemudian Change mode > Disable firewall.

Sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published.