Fungsi Tombol MC, MR, M+ dll Pada Kalkulator

Posted on

Daftar tombol-tombol yang dapat kamu temui pada kalkulator:

M+ = Memory Plus

Cara menggunakan M pada kalkulator. Kegunaannya ialah untuk menyimpan angka yang ada dalam layar ke dalam memori kalkulator. Misalnya hasil perhitungan 13+12 = 25, kemudian tekan M+ , maka angka 25 akan tersimpan di MEMORY. Untuk memanggil kembali memori digunakan tombol MR atau MRC. Selain untuk menambah memory, M+ juga dapat diguanakan untuk memasukkan angka lebih dari 16 digit. Contoh: misalnya kita akan memasukkan 16 digit angka, pasti gak akan bisa, namun bila kita menekan tombol M+, kita dimungkinkan untuk memasukkan angka lebih dari 16 digit.

MR atau MRC = Memory Recall.

Fungsi MR dan MC pada kalkulator yaitu untuk menggunakan/mengambil/ menampilkan kembali angka yang telah disimpan di memory kalkulator. Misalnya hasil perhitungan yang tadi disimpan dengan angka 25, untuk menampilkan kembali ke layar maka kamu harus menekan tombol MR atau MRC.

Pada beberapa kalkulator ada yang menampilkan tombol MR, namun ada juga yang menampilkan tombol MRC. Sebenarnya fungsi kedua tombol tersebut sama kok.

MC atau M- = Memory Clear atau Memory Minus

Untuk menge-set memory ke 0 Fungsinya ialah untuk menghapus memori yang telah terisi dengan angka sebelumnya. Misalnya ketika memori awal sudah dipanggil dan menampilkan angkanya, maka gunakanlah tombol M- atau tombol MC untuk menghapusnya dari memory, sehingga kalkulator tidak menyimpan angka yang sebelumnya.

GT = Grand Total.

Fungsi tombol tersebut ialah untuk memanggil Grand Total memori. Fungsinya hampir sama dengan tombol MR atau tombol MRC yaitu untuk memanggil memori dari Grand Total. Setiap kali kamu menekan tombol = , maka hasilnya akan selalu tersimpan ke dalam GT atau Grand Total.

AC = ALL CLEAR.

Fungsinya ialah untuk menghapus angka yang muncul pada layar dan me-reset semua fungsi yang telah kamu input / masukkan, namun AC tidak akan menghapus data yang tersimpan di memori kalkulator (fungsi M).

CE = CLEAR ENTRY.

Fungsinya ialah untuk menghapus angka / operasi terakhir yang udah kamu input.

(+/-) = Tanda plus atau minus pada angka.

Fungsinya ialah untuk menandai angka dengan bilangan positif atau negatif. Biasanya digunakan untuk penghitungan seperti 100 + (-50) = 50.

Min = singkatan dari Memory Input.

Fungsinya ialah untuk memasukkan nomor yang ditampilkan saat ini ke dalam memori kalkulator.

EXP = adalah singkatan dari EXPONENSIAL.

Fungsinya ialah untuk menghitung pangkat. Contoh: Jika kita akan melakukan perhitungan 1,234 x 10 ^ 6, maka di kalkulator kita bisa menekan tombol 1 . 2 3 4 EXP 6

Shift

Fungsinya sebenarnya hampir mirip seperti fungsi Shift pada keyboard komputer. Biasanya fungsi Shift di kalkulator gunanya untuk mengakses fungsi tambahan yang ada.

MS : Adalah singkatan dari Memory Storage

Catatan : Tidak semua tombol di atas ada pada kalkulator tradisional. Nah, itulah tadi beberapa fungsi dan kegunaan tombol-tombol yang ada pada kalkulator. Ternyata banyak banget ya tombol tombol yang belum kita ketahui. Semoga dengan adanya postingan ini kita semua jadi lebih paham tentang rumus rumus kalkulator.

Leave a Reply

Your email address will not be published.