Fungsi Tombol MC, MR, M+ dll Pada Kalkulator

Posted on
Kita pasti sudah pernah merasakan menggunakan kalkulator, baik saat kita sekolah ataupun saat kita sedang usaha jualan atau saat menghitung sesuatu. Kalkulator adalah alat bantu hitung yang menurut saya banyak digunakan oleh semua orang. Bahkan kita juga melihat fasilitas kalkulator di hape kita. Karena kalkulator dirasa penting oleh pihak pembuat smartphone jadi tidak mungkin dilupakan aplikasi kalkulator ini dibuat.

Selain untuk alat bantu hitung, kalkulator ini juga sangat bermanfaat bagi orang orang yang tentunya berkecimpung di dunia bisnis, ekonomi, perbankan , dan lain lain.

Nah yang ingin saya bahas kali ini adalah bukan kalkulatornya, melainkan tombol tombol yang ada di kalkulator itu sendiri. Jujur saya sendiri tahu nya hanya perkalian pembagian tambah dan kurang saja rumus di kalkulator, Kalo kamu bagaimana ?? sama seperti saya juga kan ? hehehe

Banyak orang yang sudah mengetahui tombol kalkulasi seperti penjumlahan (+), pengurangan (-), perkalian (x), pembagian (:). Namun bagaimana dengan tombol lainnya seperti M+, M-, MC, MR dan tombol asing lainnya?

Sebenarnya ini sederhana sekali, tapi saya yakin tidak semua orang tau fungsi-fungsi tombol MC, MR, MS dalam kalkulator. Apalagi kalau perkerjaan kamu tidak berhubungan dengan angka-angka atau pekerjaan yang tidak banyak melakukan penghitungan uang. Tapi suatu saat saya yakin kamu semua akan berhadapan dengan hal ini. Nah, inilah sebenarnya peran dari tombol MC, MR dan M+ pada kalkulator. Kita simulasikan dulu bersama sama yaa supaya kita bisa mengetahui bareng bareng.

Contoh :

Lima puluh ribu dibagi tujuh ribu ditambah tiga ribu 50.000 / (7.000+3.000) =
Maka kamu bisa menghitung dulu penyebutnya dengan menekan tombol angka 7000 lalu tombol + lalu tombol angka 3000 lalu tombol = Setelah itu keluarlah hasil perhitungan pada layar, yaitu angka 10000. kemudian tekan tombol M+ agar hasil perhitungan tadi (yaitu angka 10000) tersimpan dalam memori kalkulator. Setelah itu lanjutkan perhitungan dengan menekan tombol 50000 lalu tombol / , lalu tombol MR (untuk menampilkan angka yang tersimpan di memori kalkulator tadi) lalu tombol =

Sehingga Keluarlah angka 5 yang merupakan hasil perhitungan 50.000 dibagi dengan 10.000.

Pembahasannya sebagai berikut :

Saat kamu menekan tombol MR tadi, angka 10.000 yang sudah tersimpan di memory calculator tadi akan muncul di layar. Itulah fungsi terbesarnya. MR adalah singkatan Memory Recall (memanggil kembali angka yang tersimpan dalam memori kalkulator). Sementara M+ adalah untuk menyimpan angka yang tertera pada layar ke dalam memori kalkulator.

Fungsi yang lainnya adalah MC, yaitu singkatan dari Memory Clean, yang berfungsi untuk membersihkan memori agar dapat diganti lagi dengan angka yang baru, yang tidak ada kaitannya dengan angka yang tersimpan sebelumnya.

Tombol-tombol ini bisa kamu gunakan untuk menghitung rumus-rumus statistika ataupun perfect value-future value. Ataupun untuk menghitung administrasi keuangan kantor atau keuangan pribadi kamu. Hal-hal yang saya sebutkan tadi memang tidak diajarkan di bangku kuliah, apalagi kalau kamu kuliah nya bukan pada bidang Ekonomi atau Akuntansi.