Ingin Buat Virtual Acces Point (Multiple SSID)? Begini Caranya

Bagi anda yang menginginkan nama access point nya lebih dari satu maka dengan mikrotik apapun bisa dilakukan. Banyak Nama Wifi bisa dinamakan dengan Multiple SSID. Multiple SSID adalah salah satu fitur yang sering digunakan dalam distribusi akses jaringan melalui media wireless. Metode ini memungkinkan sebuah perangkat yang secara fisik hanya memiliki satu interface wireless dapat memancarkan lebih dari 1 SSID dengan service yang berbeda pula.

Pengertian Virtual Access Point (VAP)

Pengertian Virtual APVirtual Access Point (VAP) pada Mikrotik adalah interface virtual yang dapat digunakan untuk membuat beberapa Access Point dari satu interface Wireless fisik. Jadi hanya dengan satu interface Wireless fisik saja kita dapat membuat banyak Access Point dengan SSID, IP address, dan MAC Address yang berbeda tiap AP nya.

Virtual Access Point pada Mikrotik juga dapat menggunakan DHCP Server pada masing VAP nya. Selain itu kita juga bisa mengatur firewall pada interface VAP ini. Fitur tersebut sama seperti pada Virtual LAN (VLAN) pada jaringan kabel.

Biasanya kasus seperti ini bisa digunakan di banyak instansi baik sekolah kantor kampus dan kafe kafe yang sering menggunakan fasilitas wifi sebagai daya dukungnya. Misalkan dalam sekolah ada dua nama tingkat sekolah yang berbeda. Misalkan SMP SMA menjadi satu dan ingin membuat Nama hotspot yang sendiri sendiri. Tapi alat yang digunakan hanya satu, nah bagaimana caranya ? Mikrotik lah jawabannya. Menurut saya mikrotik itu mau dibuat apa aja bisa.

Mengapa Harus Menggunakan Virtual AP ?

Mengapa Harus Virtual APYa, Menggunakan Virtual AP ini sangat penting bagi anda yang mempunyai 1 interface tapi permintaan klien yang beraneka ragam. Jadi Virtual AP ini hanya menggunakan 1 interface wireless untuk banyak layanan atau fungsi. Ini bekerja seperti “VLAN”, tapi ini di interfaces wireless. Setiap virtual AP mempunyai IP address dan SSID sendiri-sendiri. Dan pastinya kita bisa mengurangi budget untuk membangun beberapa infrastruktur wireless. Intinya untuk pengiritan jika dana tidak mencukupi. hehehe

Cara Membuat Virtual Acces Point (VAP)

Jika ingin membuat beberapa SSID maka langkah awal yang harus dipersiapkan adalah nama SSID itu sendiri dulu. Salah satu contoh saya buat nama SSID A adalah SMP dan SSID B adalah SMA. Kedua SSID tersebut saya buat berbeda jalur. Yang satu melalui Hotspot dan yang satu melalui DHCP.

author
No Response

Leave a reply "Ingin Buat Virtual Acces Point (Multiple SSID)? Begini Caranya"