Solusi Internet Nyambung tapi tidak bisa Internetan

Posted on

Kalau sudah, disconnect internet Anda, lalu sambungkan lagi.

  1. Lakukan Troubleshoot Jaringan Otomatis


Kalau Anda mendapati suatu kesalahan pada sistem, tapi tidak diketahui letak pastinya di mana, maka Anda bisa menggunakan fitur Troubleshooting otomatis pada sistem, guna mengatasinya. Cara ini cukup sederhana namun hasilnya kadang malah memuaskan.

Caranya:

  • Buka Control Panel > Network And Internet > Network And Sharing Center.
  • Klik tombol Troubleshoot Problem yang ada di sana.
    Kemudian pilih jenis masalah yang Anda alami.

Cara ini banyak direkomendasikan oleh situs-situs teknologi luar negeri. Jadi, nggak ada salahnya dicoba

  1. Perbarui Driver Perangkat Internet

Semua perangkat yang terhubung ke internet, baik itu modem, WiFi, dan sejenisnya, akan memiliki driver yang terinstal secara otomatis.

Nah, pada poin ini, kita disarankan untuk memperbarui driver tersebut. Tujuannya tak lain guna membantu mengatasi masalah internet yang seolah konek, padahal tidak bisa digunakan untuk berinternet.

Caranya:

  • Pada kolom search, ketik Device Manager.
  • Selanjutnya, cari driver internet yang biasa Anda pakai.
  • Klik kanan pada driver tersebut, lalu klik Update Driver Software.
  • Kalau sudah, restart lagi, ya.

  1. Reset Modem atau Router

Terlalu sering digunakan dan bahkan nonstop tidak pernah mati sudah kerjaannya router wifi. Namun kadang terlalu lama on juga membuat router panas dan bermasalah. Karena kita sering konek dengan wifi 24 jam otomatis router wifinya juga berkerja 24 jam. Nah kalo dipakai semingguan tidak pernah putus ? berarti routernya juga bekerja full tanpa henti. Hal inilah yang sering menyebabkan routernya jadi hang atau bermasalah.

Untuk mengatasi hal ini, maka solusi yang menurut saya paling efektif ialah dengan me-reset modem atau router-nya.

  1. Lupakan Jaringan yang sudah terhubung Wifi (Hapus semua wifi yang konek otomatis)

Nah dari sekian poin yang saya tulis, ternyata yang sering terjadi adalah yang poin ini. Kita Kadang ingin semua serba otomatis. Laptop hidup otomatis terhubung dengan wifi. Nah Jika wifi diganti pasword nya , ternyata hal ini menjadi masalah bagi para pengguna. Banyak yang tidak tahu jika sudah diganti pasword berarti tidak akan bisa internetan lagi, Namun kadang laptop tetap terhubung wifi nya, Sehingga di tampilan laptop terhubung wifi tapi tidak bisa dipakai buat internetan. Caranya ya lupakan jaringan dulu sehingga akan masuk wifi seperti kita baru pertama kali konek wifi.

Cara nya :

  • Buka Control Panel > Network And Internet > Network And Sharing Center.
  • Setelah menu terbuka, klik menu Wi-Fi.
  • Lanjut ke step berikutnya yaitu pada menu “Manage known network”.
  • Menu tersebut akan ditampilkan untuk memilih sebuah jaringan yang sudah tersimpan dan terhubung, klik pada salah satu Wi-Fi untuk dilakukan penghapusan.
  • Setelah itu, klik pada menu “Forget” atau dalam Bahasa Indonesia diartikan “lupa”. Menu inilah digunakan untuk melupakan sebuah Wi-Fi yang tersimpan di dalam history Wi-Fi pada laptop kita.
  • Setelah menekan menu “Forget”, maka Wi-Fi sudah terlupakan dan kamu bisa menikmati jaringan Wi-Fi yang dapat disambungkan kembali.

  1. Install Ulang Windows

Kalau semua cara diatas sudah kamu lakukan dan masih belum berhasil juga, maka langkah terakhir yang perlu anda lakukan adalah INSTALL ULANG WINDOWS.

Dengan cara ini, semua setting jaringan di komputer akan diganti dengan yang baru. Tentu saja ini akan sangat efektif, untuk mengatasi masalah nggak bisa browsing.

Itulah beberapa cara agar laptop anda bisa digunakan untuk internetan kembali saat terhubung wifi. Semoga dengan membaca artikel ini, masalah laptop ente teratasi yaaa. Semoga bermanfaat. salam dari saya, Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.