Kecil Mungil Si Tenda N301 kaya cabe rawit

No comment 1105 views
banner 468x60

Saya akan mencoba review tentang si mungil cabe rawit Tenda N301 yang mungkin belum banyak yang pakai. Ketika membutuhkan jaringan nirkabel untuk di rumah sendiri maupun ditempatkan di kantor, tentu ada beberapa perangkat yang bisa dijadikan opsional. Salah satunya ialah produk router yang dibuat oleh vendor Tenda, dengan bertajuk Tenda N301. Tenda sendiri selama ini dikenal sebagai perusahaan jaringan yang terus menyediakan produk nirkabel maupun sebaliknya. Kabar baiknya, vendor satu ini juga dikenal penyedia jaringan dengan biaya yang sangat terjangkau.

profil tenda-n301

Radio ini tergolong muriah meriah, namun tidak murahan, fiturnya juga lengkap. Berikut ini akan saya ulas tentang seluk beluk tenda N301 yang mungkin ingin anda miliki. Keunikan yang terdapat pada Tenda N301 yaitu pada kedua antenna yang berada di sisi kanan dan kiri dengan tinggi sejajar dan bentuk serupa. Keberadaan antena tersebut akan menjadikan frekuensi jaringan yang dihasilkan mampu menjangkau area yang lumayan jauh. Misal untuk satu gedung kantor berukuran tidak lebih dari 40 meter, atau kantor bertingkat dengan ketinggian tidak lebih dari 2 meter. Sayangnya, sepasang antenna ini sifatnya permanen artinya tidak bisa dilepas pasang sehingga tidak bisa diganti dengan antena lebih panjang.

Profil Tenda N301

Tenda N301 didesain sederhana dan minimalis. bentuknya sederhana sekali dan cenderung lebih mungil dibanding router lainnya. Ukurannya yang mungil ini ternyata cukup menguntungkan sebab bisa ditempatkan di atas meja. Kemudian tidak akan memakan banyak ruang. Jika masih kurang alat ini bisa di tempel didinding karena ringan sekali.

Perangkat jaringan bernama lengkap Wireless Router Tenda N301 ini memiliki fitur pendukung koneksi nirkabel berjenis 802.11b/g/n. Pemakaian koneksi pendukung tersebut memberikan kecepatan maksimum pada N301 mencapai 300 Mbps. Kecepatan tersebut tentu akan menopang kebutuhan internet bagi gedung besar dan luas. Kemudian tidak mengalami kesulitan berarti untuk mengunduh berbagai dokumen maupun aplikasi yang diperlukan dalam tempo singkat.

Kelebihan lain dari segi koneksi ialah Tenda N301 yang bisa dipakai dengan sistem nirkabel dan juga dengan memakai kabel. Pada bagian belakang bodynya Kita akan menemukan empat buah port berjenis RJ45, satu diantaranya mendukung koneksi jaringan WAN. Sementara tiga lainnya digunakan untuk koneksi memakai jaringan kabel atau Kita sebut sebagai LAN. Masing-masing port akan memberikan kecepatan akses mencapai 100 Mbps, kalau digabungkan tentu akan menawarkan kecepatan super tinggi.

Spesifikasi Tenda N301

spesifikasi-tenda-n301

Berikut adalah spesifikasi Tenda N301 Wireless router yang saya dapat dari situs resminya http://www.tenda.cn/uk/product/N301.html

Hardware:
– Standard&Protocol: IEEE 802.3/3U IEEE 802.11n/g/b
– Interface: 1 10/100Mbps WAN Port;3 10/100Mbps LAN Ports
– Antenna: 2 fixed 5dbi Omni Directional antenas
– Button: 1 Reset/WPS Button
– Dimension: 127.4mm*90.5mm*26mm (L*W*H)
– Internet Connection Type: Dynamic IP、PPPOE、Static IP、L2TP、PPTP

Wireless:
– Wireless Link Rate: IEEE 802.11n: up to 300Mbps;IEEE 802.11g: up to 54Mbps;IEEE 802.11b: up to 11Mbps
– Frequency Range: 2.412GHz-2.472GHz
– Wireless Function: Enable/Disable Wireless Radio;Wireless Access Control

Software:
– Wrieless Security: 64/128bit WEP;WPA-PSK;WPA2-PSK;WPS support
– DHCP Server: Built-in DHCP server;DHCP Client List;Address Reservation
– Virtual Server: Port Forwarding;DMZ Host
– Dynamic DNS: No-IP;dyndns
– VPN Pass-Through: PPTP;L2TP

Other:
– Working Mode: Universal Repeater;AP;WISP;WDS Bridge
– Reception Sensitivity: b mode:1M -92dBm@8% 11M -87dBm@8% PER;g mode:54M -72dBm@8% PER;n mode:72.2M -68dBm@8% – – PER; 150M -68dBm@8% PER
– Parental Control: Client Filter;Mac Filter;Websites Filter
– Other: Bandwidth Control;Mac Address Clone;Remote Web Management;System Log
– Package Content: Wireless N300 Easy Setup Router N301;Quick Installation Guide;Ethernet cable;Power – adapter;Resources CD
– Environment: Operating Temperature: 0℃~40℃;Storage Temperature: -40℃~70℃;Operating Humidity: 10%~90% non– condensing;Storage Humidity: 5%~90% non-condensing
– Certification: FCC, CE,RoHs

Konfigurasi Tenda N301

 

Instalasi dan Konfigurasi

 

  • Seperti-wireless router lainnya, tenda n301 ini tidak memerlukan software atau driver khusus. kita tinggal akses IP Address yang tertera dibagian bawah wireless router, standardnya : 192.168.0.1 dengan password “admin” tetapi nanti kita bisa mengubahnya.
  • Cara settingnya tinggal ketik 192.168.0.1 di browser, masukkan username&password: admin. Setelah itu klik advanced setting lalu klik tab wireless lalu klik extender mode (menu paling bawah). Nanti klik menu drop down nya mau dijadikan apa, misal WISP tadi. Trus klik open scan trus pilih wifi yang mau di kuatkan sinyalnya, nanti tenda akan reboot otomatis. Kalau sinyal memungkinkan (skitar -70an dB atau lebih kuat lagi/angka dB nya lebih kecil) maka agan akan bisa menikmati sinyal wifi di lt. 1.
  • – Oh iya, nanti setelah konek agan masuk ke 192.168.0.1 lagi trus liat di tab status. Kalau statusnya connected itu berarti koneksi kita berhasil tp kalo masih disconnected mungkin sinyal AP utama terlalu lemah, jadi cari lokasi lain ditempat agan yang dapat kekuatan sinyal terbaik. Ulangi terus proses milih mode extender WISP dan open scan nya diberbagai tempat sampai status tenda agan connected.
  • Untuk konfigurasi kita bisa sesuaikan dengan kebutuhan kita mau dibuat apa wireless routernya, apakah dijadikan Wireless Extender / Repeater, Access Point atau Router (yang saya ketahui 3 fungsi utama itu). Langkah-langkah konfigurasi secara umum hampir sama dengan wireless router lainnya, hanya sedikit berbeda di interface saja.

Harga Tenda N301

Untuk harga perangkat ini tergolong murah, karena tidak sampai 200,000 . Jadi anda bisa menghemat uang anda dengan membeli alat ini.harga-tenda-n301

Kelebihan Tenda N301

  • Tenda n301 itu bisa difungsikan buat repeater/penyebar koneksi wifi, sesuai keinginan agan. Agan bisa memilih mode WISP kalau ingin tenda konek ke wifi AP utama trus dirouting lalu disebarkan lagi dengan SSID/nama wifi baru (menurut saya lebih mudah setupnya) atau bisa mode universal repeater dan wds bridge.
  • Bandwidth control, fungsi dari fitur satu ini ialah untuk membatasi bandwidth di masing-masing client, sehingga tidak ada istilah satu ruangan koneksinya cepat dan lainnya lambat.
  • IP Address Filter, fitur ini memberikan bantuan untuk kemudahan membatasi hak akses pada internet yang dihasilkan oleh router.
  • Wireless extender, fitur satu ini memberikan kesempatan untuk memperluas jangkauan access point yang dihasilkan.

Itulah tadi sekilas tentang keberadaan Tenda N301 yang mirip cabe rawit. Semoga anda terbantu dengan tulisan saya ini. Terimakasih.

author
No Response

Leave a reply "Kecil Mungil Si Tenda N301 kaya cabe rawit"