Mengenal DHCP Server Pada Router

No comment 356 views
banner 468x60

Tahukah anda tentang istilah DHCP ? jika anda master jaringan tentu sudah hapal dan diluar kelapa, eh kepala. Namun bagi orang awam dan baru terjun di dunia jaringan internet, masih banyak juga yang bertanya tentang DHCP. Mungkin anda mendapat tugas tentang bagaimana cara membuat DHCP, atau dapat job klien anda agar disetting DHCP server, sebelum bicara ngalor ngidul tentang DHCP server, maka sebaiknya kita tahu dulu apa sih DHCP server itu ? yuk kita pelajari bersama pelan pelan asal sampai tujuan hehe.

Perngertian DHCP Server

pengertian-dhcp-serverDHCP singkatan Dynamic Host Control Protocol, fungsinya yaitu melayani pemberian (alokasi) ip address, subnet mask dan gateway kepada setiap komputer yang terhubung ke jaringan lokal anda. Pengaktifan fungsi DHCP server ini sebenarnya juga membantu anda agar tidak perlu repot lagi untuk mengatur ip statik untuk PC atau perangkat lain yang ingin dihubungkan ke jaringan lokal.

Cara Kerja DHCP Server

cara-kerja-dhcp-serverPembagian ip address tersebut secara penuh dipegang kendali oleh router. Mekanismenya bisa digambarkan seperti ini, ketika sebuah komputer yang terhubung ke jaringan akan menghubungi dan meminta ip address, subnet mask dan gateway ke DHCP server. Kemudian biasanya DHCP server akan menyediakan ip address yang tersedia, ibaratnya seperti nomor unik untuk setiap komputer akan memiliki ip address yang berbeda-beda dan tidak boleh sama (karena bisa menyebabkan terjadinya konflik ip address). Alokasi ip address umumnya di mulai dari 2-255. Namun itu bukan suatu keharusan, jika anda hanya memiliki 2 unit komputer maka anda cukup mengatur Start IP 192.168.2.2 dan End IP 192.168.2.3, bisa dibilang pengaturan DHCP Server itu disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Contoh : Anda memiliki sebuah router dengan default ip address (LAN IP) 192.168.10.1 dan kemudian anda mengaktifkan DHCP server dengan konfigurasi Start IP 192.168.10.2 dan End IP 192.168.10.10. Perangkat A (laptop) pertama kali terhubung dengan wireless router, maka secara otomatis laptop tersebut akan mendapatkan ip address 192.168.10.2. Sesaat kemudian perangkat B (PC) yang menggunakan wireless usb adapter dinyalakan dan terhubung ke wireless router, maka PC tersebut akan mendapatkan alokasi ip address yang selanjutnya yaitu 192.168.10.3 dan begitupun seterusnya.

Jadi begitulah cara kerja DHCP server pada router, jadi anda tinggal mengatur sesuai keinginan anda. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda semua. Salam sukses selalu.

author
No Response

Leave a reply "Mengenal DHCP Server Pada Router"