Ponsel Anda Kena Malware ? Hilangkan dengan Cara ini

Posted on

Anda Pasti pernah mengalami ketika ponsel anda tiba tiba hang, atau ada notif aplikasi dihentikan dan masih banyak lagi yang tentunya sangat mengganggu ponsel anda. Sudah menjadi hal yang lazim bahwa malware saat ini tak hanya menyerang PC / laptop, namun juga bisa menyerang ponsel atau smartphone. Malware bisa masuk ke smartphone melalui banyak jalur, seperti misalnya apabila Anda sering mengunduh konten dari website tidak resmi, file APK dari pihak ketiga, tautan email, dan bahkan, beberapa aplikasi yang ada pada Google Play Store dikabarkan juga bisa disisipi malware.

Sayangnya, banyak orang yang tidak sadar akan adanya malware pada smartphone nya, sehingga mereka tidak dapat menggunakan ponsel tersebut dengan kapasitas maksimalnya. Pasalnya, memang sulit untuk mendeteksi apakah smartphone kita suda terjangkit malware atau tidak. Berikut beberapa tanda-tanda yang perlu Anda waspadai apabila terjadi pada ponsel Anda :

Ponsel lambat tanpa sebab
Apabila ponselmu tiba-tiba berjalan dengan lambat walaupun belum lama Anda menggunakannya ataupun kapasitas memori masih banyak yang lowong dan Anda sudah me-reboot HP namun tidak ada hasil, mungkin Anda perlu curiga apabila ponsel Anda sudah terserang malware.

Gara gara Malware Kuota tersedot dengan sendirinya

Apabila tiba-tiba kuota Anda banyak berkurang walaupun Anda tidak merasa menggunakannya, mungkin HP anda sudah terkena malware. Biasanya malware yang menguras kuota ini digunakan untuk mencari data akun pebankan, informasi kartu kredit, kontak dan sebagainya dan kemudian mengirimkannya kepada penyebar malware tersebut.

Gara gara Malware Baterai cepat habis

Anda tidak sedang menggunakan HP namun baterai tiba-tiba berkurang atau bahkan habis ? Kebanyakan malware memang dirancang untuk beroperasi di background dan akan terus bekerja untuk mengambil berbagai data yang diinginkan sehingga baterai HP mu dapat terserap walaupun sedang tidak digunakan.

Malware juga bisa membuat Panggilan terputus – putus

Bila Anda sering terputus saat sedang menerima / melakukan panggilan walaupun sinyal menunjukkan tanda penuh, maka bisa jadi ini ulah dari malware yang perlu Anda perhatikan.

Apabila ponsel Anda memiliki tanda-tanda seperti di atas, jangan khawatir ! Berikut adalah beberapa tips untuk membantu menghapus dan menghilangkan malware dari ponsel Android Anda. Tapi ya bukan jaminan 100 persen lhoo yaaa, ini hanya meminimalisir saja. tidak ada segala sesuatu yang bisa menjamin 100 persen hehehe.

Cegah Malware dengan Anti Virus / Anti Malware

Walaupun keefektifan dalam menggunakan anti virus di ponsel masih menjadi perdebatan, namun tidak ada salahnya kamu mengambil langkah ekstra dengan menggunakan aplikasi anti virus di ponsel mu sebagai langkah pencegahan masuknya virus / malware dan pengecekan berkala.

Mencegah Malware dengan Safe Mode

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.