Ponsel Anda Kena Malware ? Hilangkan dengan Cara ini

Posted on


Untuk mengetahui adanya malware atau tidak di ponsel Anda, maka Anda bisa masuk ke Safe Mode. Pada saat Safe Mode, seluruh aplikasi pihak ketiga, termasuk malware, akan berhenti bekerja sehingga dapat lebih mudah dideteksi. Langkah-langkah untuk masuk ke Safe Mode adalah sebagai berikut :

Tekan tombol daya / power, saat muncul konfirmasi untuk mematikan daya, tekan tombol ‘power off’ agak lama hingga muncul pop-up yang untuk mengonfirmasi perintah reboot ke Safe Mode. Klik ‘OK’ atau ikuti perintah pada pop-up tersebut

Note : Tidak semua type ponsel sama ya, mungkin berbeda beda, anda bisa cari di google cara safe mode tiap type ponsel anda.

Apabila Anda tidak bisa masuk ke Safe Mode akibat malware yang menjangkitnya, maka Anda bisa melakukan Hard Reset dengan melepas baterai atau menekan tombol power selama minimal 10 detik atau cara lain sesuai dengan tipe ponsel Anda.

Ketika perangkat sedang melakukan booting, tekan kedua tombol volume secara bersamaan atau tombol menu (sesuai tipe HP Anda) untuk masuk ke Safe Mode.

Setelah Anda masuk ke Safe Mode, buka ‘Pengaturan’ > ‘Apps’ > ‘Downloaded’ untuk melihat apakah ada malware pada perangkat Anda. Untuk mendeteksinya, apabila Ande menemukan aplikasi asing di list downloaded apps Anda, maka kemungkinan aplikasi tersebut adalah malware.

Untuk menghilangkannya, Anda bisa meng-uninstall aplikasi tersebut dengan klik tombol ‘Uninstall’

Apabila malware tersebut telah diaktifkan sebagai administrator dari perangkat Anda maka yang harus Anda lakukan adalah kembali ke Pengaturan Utama > ‘Security’ > ‘Device Administrator’ dan centang kotak yang ada di samping dan lakukan Uninstall malware seperti biasa.

Setelah itu, Anda bisa me-reboot perangkat Anda dan secara otomatis perangkat Anda akan keluar dari Safe Mode dan semuanya akan berjalan normal


Hilangkan tanda Unknown Sources

Cara ini dilakukan dengan menon-aktifkan pengaturan yang memungkinkan smartphone kamu memasang aplikasi dari luar Play Store. Caranya :

Setting > Security > hilangkan tanda pada Unknown Sources

Selain cara-cara di atas Anda juga bisa melakukan pencegahan lainnya dengan selalu mengupdate aplikasi yang ada pada smartphone Anda pada Google Play Store, memeriksa deskripsi izin atas sebuah aplikasi sebelum menunduhnya, dan menggunakan VPN saat menggunakan Wi-Fi di tempat publik.

Apabila masih saja terjadi kendala. Langkah akhir adalah dengan Flash Ulang smartphone anda. Saya jamin akan kembali seperti semula. Namun dengan resiko akan kembali seperti pabrik dan data data juga akan hilang.

Semoga hape mu selalu dalam keadaan baik yaa. kalo terjadi masalah jual saja murah ke saya hehehe

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.