Pengertian Access Point dan Fungsinya

5 comments 67872 views

Dalam dunia internet access point sangat diperlukan sekali. apalagi jika kita menggunakan internet tanpa kabel atau bisa disebut dengan wifi. Nah biasanya setiap radio internet yang kita memiliki, mempunyai menu dengan sistem access point. Sebenarnya apa sih access point itu ? di sini wireless mode akan memberikan sedikit penjelasan supaya kita mengerti apa itu access point. Karena sekarang ini dunia IT dituntut untuk lebih memahami segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi informasi.

Apa Access point itu ?

pengertian access pointAccess Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. Dengan access points (AP) clients wireless bisa dengan cepat dan mudah untuk terhubung kepada jaringan LAN kabel secara wireless.

Atau Agar kita lebih mudah untuk memahaminya maka bisa dibilang sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan alat-alat dalam suatu jaringan, dari dan ke jaringan Wireless.

Fungsi Access Point

fungsi access pointSecara garis besar, access Point berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).
Atau jika ingin diperinci lebih jelas lagi fungsi access point adalah sebagai berikut :
1. Mengatur supaya AP dapat berfungsi sebagai DHCP server
2. Mencoba fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected Access(WPA)
3. Mengatur akses berdasarkan MAC Address device pengakses
4. Sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel

Nah itulah beberapa fungsi dari access point. Jadi jika anda punya alat radio wireless anda bisa setting radio anda dengan mode access point. Setiap radio berbeda beda setting access pointnya. Namun pada dasar nya sama. Nanti akan saya berikan petunjuk cara setting access point di beberapa radio yang berbeda seperti TP LINK, UBNT, Mikrotik dan lain lain.

Cara Setting Access Point

Untuk cara setting access point yang saya tuliskan disini adalah yang simple dan mudah dimengerti saja. Biasanya yang sering digunakan para pemula adalah TPLINK. Jadi saya berikan contoh dengan radio TPLINK.

Saya menjelaskan langsung dari cara memanggil radionya. Jadi disini saya sudah menganggap anda sudah bisa memanggil radio TPLINKnya. Saya menggunakan TPLINK 5110g.

Langkah Awal
1. Dalam melakukan setting acces point yang pertama harus dilakukan adalah mengetahui ip, username, dan password dari access point tersebut.

author
5 Responses
  1. author

    Rani5 months ago

    Jadi bisa dibilang salah satu fungsi access point ini untuk menghubungkan jaringan lan dan jaringan wireless. Lalu utk menghubungkan kedua jaringan tersebut bagaimana?

    Reply
  2. author

    Syariel5 months ago

    Makasih infonya gan sangat bermanfaat

    Reply
  3. author

    HudsonX5 months ago

    I must say you have hi quality articles here.

    Your posts can go viral. You need initial boost only. How to get massive traffic?
    Search for; Murgrabia’s tools go viral

    Reply
  4. author

    iwan5 months ago

    access point biasanya harga brp??

    Reply
  5. author

    BereniceX3 months ago

    I have noticed that your page needs some fresh content.
    Writing manually takes a lot of time, but there is tool for this boring task, search for: Wrastain’s tools for content

    Reply

Leave a reply "Pengertian Access Point dan Fungsinya"