Mengenal Cache dan Jenisnya

Posted on
Pernahkah kamu pada saat masuk browser atau sosial media di smartphone atau laptop kamu pada saat berselancar di web merasakan ringan dan terasa cepat ? Padahal koneksi anda pas pasan. Jika iya berarti komputer atau smartphone anda masuk dalam cache. Sampai disini sedikit tahu kan tentang cache ? okee lebih jelasnya kami jelaskan sampai ke bawah sendiri. Baca baik baik yaaa. hehehe

Cache merupakan sebuah mekanisme penyimpanan data yang mempunyai kecepatan sangat tinggi yang digunakan untuk menyimpan data ataupun perintah / instruksi yang sering di cari oleh pengguna komputer atau pengguna smartphone. Cache akan menampilkan file atau data yang pernah diakses sebelumnya sehingga apabila kita menggunakan jaringan internet maka file tersebut tidak perlu di download lagi untuk ditampilkan karena kita sudah mengakses sebelumnya. Dengan kata lain komputer akan lansung menampilkan cache yang sudah tersimpan sebelumnya.

Cache sendiri akan menghemat penggunaan bandwdth dalam jaringan yang seolah-olah akses internet dalam jaringan tersebut terasa lebih cepat. Disisi user akan diuntungkan dengan kecepata akses terhadap file dan dari sisi administrasi jaringan maka akan lebih menghemat penggunaan bandwidth sehingga orang akan mengakses file baru bisa menggunakan bandwith secara maksimal.

Jenis Jenis Cache

Jenis Cache di bagai menjadi 2 kategori yaitu jenis client-side caching dan jenis server-side caching. Apa yang membedakan kedua nya ? Maka akan saya jelaskan dari masing masing jenisnya tersebut.

Client-Side Caching

Client-side caching merupakan file data yang tersimpan di dalam perangkat komputer/smartphone pengguna yang dapat digunakan sewaktu waktu. Dalam hal ini, client-side caching yang paling sering kita jumpai dan paling sering digunakan kebanyakan orang adalah browser cache.