Pengertian Firewall dan Fungsinya

Posted on

Fire adalah api wall adalah dinding firewall berarti dinding api,, ya bukan begitu cara mengartikannya. Ketika membuka laptop atau komputer atau sistem operasi apapun pasti kita akan mengenali firewall. Nah apa sih firewall itu ? Bagi yang baru mengerti tentang istilah firewall maka sebaiknya baca terus artikel ini yaa.

Firewall adalah sebuah sistem yang dirancang khusus untuk mencegah akses yang tidak dikenali ke dalam jaringan pribadi. Diera perkembangan jaringan komputer yang semakin maju maka pokok permasalahan yang paling sering terjadi adalah maraknya pencurian data oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Kebanyakan dari mereka mengincar data pribadi dari pemilik akun untuk dijual atau dipergunakan tidak sebagaimana mestinya.

Terus firewall datangnya dari mana ?

Firewall sendiri bisa berupa perangkat keras atau perangkat lunak, ataupun kombinasi dari perangkat lunak dan perangkat keras. Firewall akan bekerja jika ada akses tak dikenali yang masuk ke dalam sistem sehingga apabila ada orang yang berusaha untuk masuk secara paksa maka akan diblokir oleh firewall. Sekarang sudah banyak perusahaan-perusahaan yang bergerang di bidang IT Support yang menyediakan firewall untuk sistem keamanan kita.

Fungsi Firewall Pada Jaringan Komputer

Untuk fungsi firewall anda bisa lihat nih baca terus sampe bawah ya,

Pada dasarnya firewall berfungsi untuk melindungi jaringan komputer dari akses yang tidak dikenali. Untuk lebih jelasnya berikut adalah poin-poin fungsi dari firewall pada jaringan komputer

  1. Berfungsi Sebagai Pos Keamanan Jaringan

Seperti halnya sebuah pos keamanan maka setiap lalu lintas yang masuk ke dalam sistem akan dilakukan pemeriksaan oleh firewall dan manganalisanya apakah paket data tersebut boleh lewat atau tidak.

  1. Berfungsi mencegah kebocoran data

Leave a Reply

Your email address will not be published.