Yuk Coba Sendiri Setting TPLINK 5210g Sebagai Client dan Access Point

Posted on

Seperti judulnya, kita akan belajar bersama bagaimana cara kongigurasi TPLink 5210 sebagai client/penerima ataupun sebagai access point/ pemancar. Disini saya sudah anggap kalian sudah bisa memanggil radio tplinknya. Jika belum bisa, anda bisa cari di google dulu cara memanggil radio tplink. Jika anda cari di google mungkin sudah banyak yang posting mengenai setting tp link wa 5210G baik sebagai penerima ataupun sebagai pemancar. Namun saya juga ingin memberikan ilmu saya kepada anda. Dan semoga bacaan saya ini bisa di halaman google paling depan hehe.

TPLINK 5210g adalah radio wireless yang bisa dikatakan multi fungsi. Karena dari segi harga dan spesifikasi, radio wireless ini sangat lengkap sekali. Bahkan dalam satu radio bisa disetting sebagai penerima dan pemancar, atau biasa disebut universal repeater. Radio TPlink 5210 memiliki power yang sangat besar, dan dengan power yang besar harganya pun juga lumayan murah dibanding radio merk lain yang sekelasnya. Jadi anda jangan sungkan membeli produk ini. Saya aja sudah sampai puluhan beli radio ini.

Daripada ngomong ngalor ngidul mending kita langsung saja ke praktiknya dalam mengatur radio TPlink 5210g sebagai client dan access point. Berikut ini langkah langkahnya :

Setting TPLINK 5210g Sebagai Client

Langkah awal

1. Tentunya langkah awal adalah memanggil radionya. Cara memanggilnya sudah tahu semua kan ? yaitu dengan mengetik ip address di browser dengan alamat 192.168.1.254. Ip address ini adalah ip default. Apabila sudah di ubah sebaiknya direset aja atau kembalikan ke mode pabrik. Dan jangan lupa mengubah ip address yang ada di laptop atau komputer anda dengan ip 192.168.1.(terserah anda yang penting jangan sama dengan ip radionya) dan subnet mask nya adalah 255.255.255.0
2. Setelah dipanggil nanti akan memasukkan username dan password. Anda isi saja usernya admin dan passwordnya juga admin.
3. Kemudian nanti akan masuk pada halaman home,