Yuk Kita Bahas Telnet Dan Cara Kerjanya

No comment 959 views

tampilan telnetSebagian besar pengguna saat ini, akan berasumsi penggunaan telnet sangatlah asing, kuno dan membingungkan. Namun bagi Para teknisi jaringan RT RW dll, telnet masih sering mereka gunakan dan bagi mereka hal ini sangat membantu dalam melakukan remote host. Bagi mereka lebih cepat, karena paket pengirim perintah melalui telnet membutukan koneksi data yang lebih kecil.

Bagaimana Cara Kerja Telnet ?

Pada dasarnya telnet menggunakan software, yang diinstal pada komputer anda, untuk membuat koneksi dengan remote host (bisa berupa pc server, router, ip camera dll). Perintah perangkat lunak Telnet client (software) akan mengirim permintaan ke server Telnet (remote host). Server akan membalas meminta nama pengguna (username) dan kata sandi (password). Jika diterima, klien Telnet akan membuat sambungan ke remote host, sehingga membuat terminal virtual pada komputer anda dan memungkinkan anda mendapat akses penuh ke remote host. Umumnya default port yang digunakan untuk komunikasi telnet yaitu 23.

Apakah Mikrotik dan UBNT Memiliki Telnet ?

Langsung saja saya jawab dengan tegas YA. hehe. kenapa bisa saya jawab seperti itu ?? jawabannya ada dibawah ini.

Setiap sistem operasi komputer termasuk Unix, Linux, Mac OS dan Windows, memiliki kemampuan Telnet dan bahkan mungkin sudah memiliki Telnet di dalamnya.  Dalam Mikrotik dan UBNT juga ada Telnetnya. Hal ini untuk memudahkan pengguna dalam meremot server maupun client tertentu. saya juga sering meremot client saya dengan telnet, karena saya merasa bisa lebih cepat dan tidak membutuhkan koneksi data yang besar. Jika kalian belum tahu tentang mikrotik sebaiknya anda baca dulu tentang pengenalan mikrotik. Jadi jika sudah membaca pengenalan mikrotik, jika membaca artikel ini tidak merasa bingung hehehe. Saya kasih gambar contoh remot mikrotik via telnet.

author
No Response

Leave a reply "Yuk Kita Bahas Telnet Dan Cara Kerjanya"