8 Cara Mengetahui WhatsApp Anda di Bajak atau tidak

Posted on

Mungkin anda pernah dapat pesan WA dari temen yang minta uang lah, minta tranfer lah minta kode lah dan lain lain. Itu tandanya nomer WA sudah dibajak. Memang pendududk 62 ini lagi sedang asik asiknya menikmati aplikasi yang namanya WhatsApp ini, Karena WhatsApp termasuk sebagai salah satu aplikasi chatting yang cukup populer. Namun disamping ketenaran WA tersebut ternyata WhatsApp memiliki beberapa celah yang memungkinkan pihak lain menyadap-nya.

Apa yang terjadi Ketika WhatsApp di sadap ?

Jadi begini……. Ketika WhatsApp sudah disadap, kerahasiaan penggunanya akan bocor dan bisa berakibat fatal. Apalagi sekarang banyak aplikasi sadap WhatsApp yang beredar. Oleh sebab itu, sebagai pengguna WhatsApp, Anda harus mempelajari cara mengetahui kalau WhatsApp Anda telah disadap. Nah karena banyak kasus yang menjadi korban sadap WA rata rata Orang tua, maka kali ini saya ingin share bagaimana cara mengetahui WhatssApp sedang dibajak atau tidak. Minimal mengetahui jika anda mengetahuinya, tolong sampaikan juga ke bapak, ibuk, kakek, nenek, paman, bibi dan keluarga yang lainnya supaya mereka juga tahu akan informasi ini.

Cara Mengetahui WhatsApp Anda Disadap

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengetahui apakah aplikasi WA Anda sedang disadap atau tidak.

  1. Tidak bisa Masuk Aplikasi WhatsApp
Jika aplikasi WA anda tiba tiba keluar sendiri secara otomatis dan tidak bisa login kembali, bisa jadi WA anda sedang disadap. Karena WA anda Logout sendiri, otomatis WA anda di pakai untuk login atau dipakai untuk hal hal yang tidak di inginkan. Jika terjadi demikian, jangan berikan informasi apapun terkait nomer wa anda, baik pesan telepon dan lain sebagainya. Sebaiknya hubungi orang sekitar anda dahulu dan beritahu apa yang terjadi. Supaya jika terjadi apa apa sudah memberi informasi dulu terkait WA yang di sadap ini.

Jika satu perangkat lain telah login pada aplikasi WhatsApp, maka dipastikan Anda tidak akan bisa login. Ini adalah cara mengetahui WhatsApp disadap yang pertama yaitu Anda tidak bisa login pada akun WhatsApp sendiri.

Namun, untuk bisa login pada aplikasi WA ini, dibutuhkan verifikasi berupa OTP atau One Time Password. OTP dikirimkan melalui SMS ke perangkat dimana nomor tersebut aktif. Jika ada pihak lain yang melakukan login ke WhatsApp Anda, mereka akan terhambat OTP karena tidak menerima pesannya. Jadi untuk menghindari hal tersebut, pastikan Anda tidak pernah membagikan kode OTP pada siapapun.

  1. Tidak Bisa Digunakan untuk Menelpon
Tanda tanda yang kedua yaitu biasanya tidak bisa digunakan untuk menelpon. Jika anda tidak bisa menggunakan telepon anda padahal jaringan normal maka bisa juga terjadi penyadapan di WA anda. Namun jika anda masih bisa menggunakan telepon tanpa adanya kendala, maka aplikasi WA anda dipastikan aman.

  1. Periksa WhatsApp Web

WhatsApp terdapat fitur yang bisa dibuka di laptop atau komputer. Fitur ini namanya WhatsApp Web. Fitur ini bisa diakses melalui web browser dengan cara dihubungkan ke aplikasi WA anda di HP. Cara mengkonekkan atau menghubungkannya adalah melalui barcode yang ada di laptop atau PC. Nah Cara ini mungkin yang biasanya dipakai untuk menyadap WhatsApp. Maka dari itu sebaiknya anda cek juga WhatsApp Web anda secara berkala.

Cara mengetahui WhatsApp disadap melalui WhatsApp Web adalah dengan mengecek koneksi WhatsApp Web-nya.

Caranya adalah dengan melihat dari menu setting atau pengaturan. Tekan tiga tombol titik vertikal yang ada di bagian kanan atas layar kemudian masuk ke menu WhatsApp Web.

Jika disana Anda melihat ada perangkat tidak dikenal sedang terhubung, maka aplikasi Anda sedang disadap.

Solusinya adalah dengan memutuskan semua kontak dengan cara logout dari semua perangkat. WhatsApp Web akan secara otomatis terputus dan tidak bisa lagi mengakses.

Leave a Reply

Your email address will not be published.