Cara Net Install : Solusi Terbaik Atasi Hang Mikrotik

Posted on
Jika mikrotik anda sering hang, atau kerap terjadi lonjakan pada CPU nya, maka cara yang terbaik adalah dengan NETINSTALL. Biasanya mikrotik kadang hanya butuh di reboot akan kembali ke performa terbaiknya. Namun kadang di reboot aja tidak cukup. Di reset manual juga kadang belum pulih kondisinya. Ya itu semua tergantung mikrotiknya masing masing, untung untungan lah, kadang ada yang dapat bagus kadang dapat yang jelek.

Bagi yang belum tau tentang netinstall berikut ini saya akan bahas tentang netistall. Netinstall memang obat pusing bagi mikrotik hehe.

Apa itu Netinstall?

Netinstall adalah aplikasi buatan miktrotik yang didesain untuk sistem operasi windows yang dapat digunakan untuk melakukan instalasi Router OS Mikrotik ke PC atau routerboard melalui jaringan Ethernet. Bisa dikatakan kalo di komputer adalah Install ulang.

Netinstall akan melakukan format ulang pada media penyimpanan di perangkat mikrotik dan menimpa file sistem pada disk tersebut dengan file baru. Jadi barang barang yang ada di sistem mikrotik akan hilang, karena layaknya kembali ke pengaturan pabrik. Hal tersebut dapat mengatasi berbagai masalah pada perangkat mikrotik yang disebabkan oleh software yang corrupt. Contohnya suka hang, atau error tidak bisa diakses. atau bahkan tidak bisa di panggil mikrotiknya.

Netinstall juga dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan lupa password pada mikrotik. Jika kita netinstall maka password mikrotik akan kembali seperti semula atau password defaultnya mikrotik. Nah syarat netistall adalah perangkat Mikrotik yang akan dilakukan Netinstall harus mendukung boot dari ethernet. Selain itu, harus ada koneksi ethernet langsung dari PC/Laptop yang digunakan untuk netinstall ke perangkat Mikrotik target. Bukan koneksi internet lhoo yaaa. tapi koneksi ethernet (Kabel LAN).

Jadi intinya Netinstall itu dapat digunakan untuk melakukan install ulang sistem operasi RouterOS dan memperbaiki berbagai macam error pada sistem operasi RouterOS sebelumnya. Karena yang perlu diperhatikan adalah perangkat RouterBoard Mikrotik itu mirip seperti PC/Laptop yang memiliki Hardware (RouterBoard) dan juga Software (RouterOS).

Leave a Reply

Your email address will not be published.