Memahami Perbedaan Kabel UTP Cat5e dan Cat6e

Posted on

Apakah anda pernah memiliki kabel LAN ? Pernahkah anda membukanya ? Jika dilihat dari bentuk fisiknya Kabel LAN atau kabel UTP hampir sama bentuknya. Namun dari segi kualitas jelas berbeda. Apa itu kabel UTP ? UTP adalah singkatan dari Unshielded Twisted Pair. UTP merupakan kabel jaringan yang paling banyak digunakan secara umum. Dalam Kabel UTP terdapat 8 jenis kabel yang berbeda beda warnanya. Warnanya jika di urutkan dari orange adalah : Orange, putih orange, biru, biru putih, putih hijau, hijau, coklat dan putih coklat. Perbedaan kabel utp inilah yang nantinya akan kita ketahui seberapa besar perbedaan kabel UTP Cat 5e dan Cat 6e.

Kabel UTP tentunya memiliki karakter yang berbeda. Jika tingkat kategori semakin tinggi maka lilitan pada pasangan kabel yang menyusun UTP akan semakin besar. Namun harganya juga semakin mahal. Ingat pepatah jawa bilang, “rego gowo rupo” jika ditranslete ke bahasa indonesia “ada harga ada rupa”. Maka dari itu jika memilih kabel UTP ya kita lihat dilu kebutuhan kabel itu untuk apa dulu. Jangan langsung membeli yang ini dan itu, takutnya nanti jika tidak terpakai kan mubadzir.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan karakter dari kabel cat5e dan cat6e.

Kabel UTP Cat5e

Kabel UTP Cat5e adalah salah satu jenis kabel data UTP yang baru saja masuk dalam dunia jaringan. Kontruksi cat5e adalah karakter yang paling baru dari UTP. Tapi meskipun masih baru namun banyak pengguna yang lebih merasa nyaman. Karakter dari cat5e tersusun atas empat pasang kabel seperti jenis penyusun UTP lainnya. Bandwith rata-rata yang dihasilkan bisa mencapai 100Mbps. Tapi jika jaringan dibuat dengan kualitas yang lebih baik maka bandwith yang dihasilkan mencapai 1000Mbps. Instalasi jaringan dengan memakai cat5e sudah banyak dikenal dan banyak pemakai cat5 yang sudah mengganti menjadi cat5e.

Kabel Cat6

Kabel UTP Cat6 ini bisa dikatakan levelnya diatas Cat 5e. Karena saya sudah membuktikannya sendiri. Kabel Cat6 memiliki bentuk yang hampir sama dengan cat5e cuma kelas nya adalah yang paling tinggi dari jenis kabel UTP lainnya. Kabel UTP Cat6 memilik kekuatan lilitan kabel yang lebih rapat, dilengkapi dengan pelindung kabel, dan memiliki kualitas penyaluran data yang lebih cepat. Selain itu cat6 juga memiliki isolator kabel yang membuat kecepatan menjadi lebih baik. Cat6 dianggap memiliki kekuatan sinyal yang lebih bagus dibandingkan standar daricat5e. Cat6 sangat sesuai untuk kebutuhan seperti bandwith hingga 1000Mbps dan Lan.