Sejarah Panjang Mikrotik

Posted on
Kita akan sedikit belajar tentang sejarah mikrotik atau asal muasaal mikrotik itu sendiri. Yaaa iseng iseng nulis aja kok bisa ada mikrotik itu sebenarnya bagaimana, dan mungkin tidak hanya saya saja yang ingin tahu tentang sejarah mikrotik, mungkin anda juga ingin sejarah mikrotik di jabarkan.

Mikrotik adalah sebuah perusahaan yang memiliki banyak produk perangkat jaringan komputer yang populer dan banyak digunakan di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Bagi Anda yang belum mengenal Mikrotik mungkin bisa membaca artikel Apa itu Mikrotik dulu, kemudian bisa lanjut membaca artikel Sejarah Mikrotik yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Sejarah Mikrotik

Seperti halnya perusahaan lain di Dunia, Mikrotik juga memiliki Sejarah panjang yang menarik untuk kita bahas. Pasalnya perusahaan asal Latvia ini sekarang sudah sangat diperhitungkan dan produknya populer dipasaran.

Sejarah Mikrotik diawali dengan kerjasama dua pendiri Mikrotik yakni John Trully dan Arnis Riekstins. Yang mana pada tahun 1996 mulai mengembangkan sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN Aeronet berkecepatan 2Mbps di Moldova. Tak lama kemudian mereka mulai melayani 5 pelanggan di Latvia.

Mereka terus mengembangkan produknya untuk memenuhi ambisi mereka untuk membuat suatu software khusus untuk router yang handal dan dapat disebarkan serta digunakan di seluruh dunia.

Sejarah Mikrotik RouterOS

Pengembangan software router ini selanjutnya dilakukan oleh 5-15 staff Research & Development (R&D). Awalnya Mereka mengembangkan Linux dengan kernel versi 2.2. Pada tahun 1997 mereka berhasil mengembangkan software routing untuk PC (intel) yang bernama RouterOS.

Sistem Operasi RouterOS ini memungkinkan sebuah PC/komputer digunakan sebagai router dengan sistem yang menyediakan stabilitas, kontrol, dan fleksibilitas yang luas untuk semua jenis interface data dan routing.

Setelah berhasil mengembangkan software router untuk hardware lain, Mikrotik mulai mengembangkan hardware mereka sendiri. Hingga pada 2002 mereka berhasil membuat produk hardware mereka sendiri yang bernama RouterBOARD.

Produk RouterBOARD ini pun dipadukan dengan RouterOS untuk menyajikan perangkat jaringan yang memiliki kemampuan sebagai router dengan bentuk yang ringkas dan harga yang lebih murah dari PC/komputer.

Produk Sistem Operasi Mikrotik RouterOS terus dikembangkan hingga pada tahun 2008 mereka merilis RouterOS versi 3 yang dikembangkan dengan Linux kernel versi 2.4.31.

Setahun kemudian pada 2009 Mikrotik meluncurkan software RouterOS terbarunya yakni RouterOS versi 4 yang berbasis Linux kernel versi 2.6.26 dan beberapa produk RouterBOARD baru.

Dua tahun selepasnya, mereka kembali merilis Sistem Operasi RouterOS terbaru yaitu RouterOS versi 5 dengan berbasis Linux kernel versi 2.6.35 yang memiliki beberapa fitur baru dan perbaikan dari versi sebelumnya.

Kemudian pada bulan Mei tahun 2013 Mikrotik meluncurkan versi terbaru dari Sistem Operasi RouterOS yakni RouterOS versi 6 yang berbasiskan Linux kernel versi 3.3.5. Pada perkembangan RouterOS versi ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur baru yang jauh lebih baik dan lebih stabil dari versi pendahulunya.

RouterOS versi 6 inilah yang hingga saat ini kita gunakan pada perangkat Router Mikrotik. RouterOS hingga saat ini pun terus dikembangkan oleh Mikrotik dengan adanya pembaruan (update) sistem operasi yang mereka lakukan secara berkala.

Sementara itu RouterOS versi 7 juga sudah mulai mereka kembangkan namun masih dalam versi yang belum stabil yakni versi beta.

Sejarah Mikrotik RouterBOARD

Mikrotik RouterBOARD adalah produk hardware pertama yang Mikrotik kembangkan dan produksi untuk memenuhi kebutuhan perangkat router jaringan. Produk Routerboard dibuat sepaket dengan RouterOS nya.

Produk Mikrotik RouterBoard terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan versi pada RouterOS nya. Sebagian besar Routerboard dapat melakukan upgrade versi RouterOS yang terbaru. Namun pada tipe routerboard tertentu update ke RouterOS versi terbaru tidak didukung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.