cara menggunakan telnet

Yuk Kita Bahas Telnet Dan Cara Kerjanya

Posted on

Dalam dunia jaringan internet pasti anda akan menjumpai kata Telnet. Mungkin bagi anda yang baru dengar kelihatan asing, tapi jika yang sudah sering dengar atau mungkin sekolah di jurusan IT pasti sudah pernah dibahas tentang apa itu telnet. Mumpung saya lagi hobi nulis lagi maka saya akan melulis tentang pengertian telnet dan cara kerjanya. Langsung saja yuk kita baca sampai tuntas.

Pengertian Telnet

Telnet merupakan singkatan dari Telecomunication Network. Telnet dikembangkan pada tahun 1969 dan distandarisasikan sebagai Internet Engineering Task Force (IETF) yang merupakan salah satu standar Internet pertama kalinya. Telnet adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan pada jaringan Internet atau area lokal untuk menyediakan fasilitas komunikasi interaktif dua arah berorientasi-teks menggunakan koneksi virtual terminal. Data pengguna disisipkan pada jalur informasi kontrol telnet dengan berorientasi 8-bit byte sambungan data melalui Transmission Control Protocol (TCP). Ini kayak semacam command prompt di komputer kita itu lhoo.

Karena Telnet adalah protokol komputer berbasis teks, hal ini sangat berbeda dengan tampilan layar web management yang dimiliki sebuah web server, router, ip cameras seperti saat ini. Layar telnet sangat membosankan untuk dilihat. Dengan telnet anda hanya perlu mengetik sebuah perintah menggunakan keyboard. Perintah Telnet agak samar dan agak susah dimengerti. Dengan contoh perintah seperti “o”, “c” , “set”, “send” dan lain-lain.

Sebagian besar pengguna saat ini, akan berasumsi penggunaan telnet sangatlah asing, kuno dan membingungkan. Namun bagi Para teknisi jaringan RT RW dll, telnet masih sering mereka gunakan dan bagi mereka hal ini sangat membantu dalam melakukan remote host. Bagi mereka lebih cepat, karena paket pengirim perintah melalui telnet membutukan koneksi data yang lebih kecil.

Bagaimana Cara Kerja Telnet ?

Pada dasarnya telnet menggunakan software, yang diinstal pada komputer anda, untuk membuat koneksi dengan remote host (bisa berupa pc server, router, ip camera dll). Perintah perangkat lunak Telnet client (software) akan mengirim permintaan ke server Telnet (remote host). Server akan membalas meminta nama pengguna (username) dan kata sandi (password). Jika diterima, klien Telnet akan membuat sambungan ke remote host, sehingga membuat terminal virtual pada komputer anda dan memungkinkan anda mendapat akses penuh ke remote host. Umumnya default port yang digunakan untuk komunikasi telnet yaitu 23.

Apakah Mikrotik dan UBNT Memiliki Telnet ?

Langsung saja saya jawab dengan tegas YA. hehe. kenapa bisa saya jawab seperti itu ?? jawabannya ada dibawah ini.